Pengertian Tiroid Benjolan Di Leher, Penyebab dan Gejala

Pengertian Tiroid Benjolan Di Leher, Penyebab dan Gejala

Selamat Datang di website kesehatan dan informasi seputar berbagai penyakit, disini kami menyajikan artikel tentang penyakit yang selama ini anda alami.


Pengertian

Penyakit tiroid mencakup berbagai kondisi yang memengaruhi fungsi atau struktur dari kelenjar tiroid. Kelenjar ini berbentuk menyerupai kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher.

Kelenjar tiroid memiliki peran yang penting dalam regulasi berbagai proses metabolik di seluruh tubuh. Berbagai jenis penyakit tiroid yang ada dapat memengaruhi baik fungsi dari kelenjar tiroid, strukturnya, atau keduannya.

Kelenjar tiroid berlokasi di bawah jakun dan mengelilingi trakea, yang merupakan salah satu organ pada sistem pernapasan. Kelenjar tiroid menggunakan yodium untuk memproduksi dua hormon penting, yakni tiroksin (T4) dan triiodotironin (T3).

Fungsi dari kelenjar tiroid diregulasi melalui mekanisme umpan balik yang melibatkan otak. Ketika kadar hormon tiroid rendah, hipotalamus di otak memproduksi thyrotropin releasing hormone (TRH) yang megakibatkan kelenjar pituitan yang terletak di bagian bawah otak untuk memproduksi thyroid stimulating hormone (TSH). Hormon ini menstimulasi kelenjar tiroid untuk memproduksi T4 dengan jumlah yang lebih banyak.

Penyebab Penyakit Tiroid

Kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang terjadi dalam sebagian besar kasus penyakit tiroid, dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti:

  • Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak.
  • Kelenjar tiroid yang rusak, misalnya karena pajanan radiasi.
  • Pengaruh obat yang mengandung litium (Li).
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.
  • Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh.

Jenis-Jenis Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid yang umum ditemukan diantaranya adalah :

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi ketika jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit, sehingga tubuh mengalami defisiensi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita (terutama lansia di atas 60 tahun) dan memiliki gejala-gejala umum seperti: konstipasi, kulit kering, lebih sensitif terhadap hawa dingin, kelelahan, lemas, serta kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Hipertiroidisme

Keadaan di mana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh disebut hipertiroidisme. Penyakit ini umumnya ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tidak beraturan (dada terasa berdebar), penurunan berat badan yang cepat, banyak berkeringat, gelisah, serta suasana hati yang cepat berubah.

Penyakit Gondok

Penyakit gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid yang terlihat sebagai benjolan dileher. Apabila benjolan tersebut sudah menekan tenggorokan atau kerongkongan, bisa terjadi perubahan suara, kesulitan bernapas dan menelan.

Nodul Tiroid

Nodul tiroid adalah benjolan padat atau berisi air yang terbentuk dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini dapat berupa tumor jinak atau kista, dan jumlahnya juga bisa lebih dari satu. Nodul tiroid jarang menyebabkan gejala, sehingga umumnya hanya terdeteksi saat penderitanya menjalani pemeriksaan kesehatan umum. Namun apabila nodul yang tumbuh berukuran besar, kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan bernapas atau menelan. Terkadang nodul tiroid dapat memproduksi hormon tiroksin sehingga menimbulkan gejala hipertiroidisme.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Kista di Bagian Leher Secara Alami

Gejala Penyakit Tiroid

Tanda dan gejala dari penyakit tiroid bergantung dari jenis penyebabnya. Pada hipotiroidisme, tanda dan gejala yang dapat timbul mencakup :

  • Rasa lelah
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kulit kering
  • Konstipasi
  • Merasa kedinginan
  • Penumpukan cairan tubuh
  • Nyeri otot dan sendi
  • Depresi
  • Perdarahan menstruasi yang berlebih atau memanjang pada wanita.

Pada hipertiroidisme, tanda dan gejala yang dapat timbul mencakup:

  • Gemetar pada bagian tubuh (tremor)
  • Rasa gugup
  • Frekuensi denyut jantung yang cepat
  • Rasa lelah
  • Merasa tidak tahan panas
  • Peningkatan gerakan usus
  • Keringat berlebih
  • Sulit berkonsentrasi
  • Penurunan berat badan berlebih yang tidak disengaja

Diagnosis Penyakit Tiroid

Proses diagnosis penyakit tiroid membutuhkan beberapa langkah pemeriksaan yang mendetail. Jenis pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan darah, USG, pemindaian dengan isotop radioaktif, serta biopsi melalui aspirasi jarum halus.

Tes darah yang dianjurkan adalah evaluasi fungsi kelenjar tiroid. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengukur kadar hormon tiroid dan TSH (thyroid-stimulating hormone) guna menentukan kondisi hipertiroidisme atau hipotiroidisme yang dialami oleh pasien.

Dari pemeriksaan USG dan pemindaian isotop radioaktif, dapat diketahui ukuran serta jenis benjolan yang dialami pasien. Sementara dengan biopsi melalui aspirasi jarum halus dapat diketahui jenis sel yang ada dalam benjolan.

Pencegahan Tiroid

Pada intinya, menjaga pola makan dan hidup sehat merupakan kunci utama mencegah kondisi ini terjadi. Selain pola makan dan pengaturan makan yang dijaga, diperlukan juga untuk aksi mengurangi berat badan, atau yang kedua fokus untuk menjaga fungsi kelenjar ini agar bisa menghasilkan hormon yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Benjolan Tiroid di Leher Tanpa Operasi


Baca Juga Produk Kesehatan Kami

Nama Produk Obat : QnC Jelly Gamat Emas
Isi : 300 ML
Harga Resmi dijual : Rp.155.000,-
Komposisi : Ekstrak Teripang Emas (Golden Stichoupus Hermani, Meldepuratum)
Produk : CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Dipasarkan : CV. Peduli Semesta Alam
Telah terdaftar resmi di BPOM TR 173301471 – HALAL dari MUI 

>>>KLIK DISINI<<<

INFORMASI TESTIMONI PENGGUNA OBAT TERSEBUT

Nama : Merry
Asal : Tangerang banten
Penyakit : Kelenjar Tiroid
Pengguna : QnC Jelly Gamat

Klau kalian takut,ini saya sendiri buktinya,saya operasi teroid klau saya duluan tau ini ada obatnya saya tidak akan operasi tapi saya baru tau setelah saya operasi itupun setelah 1 bulan selesai operasi karena saya merasa badan tidak enak,tenggorokan susah nelan,bengkak dan sering pusing.

Saya diberikan obat dokter untuk bengkaknya tapi bermasalah ke lambung saya,lalu saya buka2 google dan saya ada obat herbal Qnc Jelly Gamat bisa menyebuhkan luka dalam dan luar.

Pertama2 saya masih blm percaya sih,sampai 2 minggu aku berpikir saya buka2 testimoni bayak yg sembuh apa salahnya saya coba lalu saya beli 1 botol,berkurang rasa nyerinya karena berkurang saya lanjutkan lagi dan maag saya berkurang juga.

Saya komsumsi sampai sekarang dan hasilnya lihat saja bagaimana teman2,kalian bisa lihat sendiri saya bukan hanya ngomong2 saja karena saya sudah membuktikan sendiri dan saya membagi pengalaman saya kepada teman2.


Nama : Tuti
Umur : 24 Th
Pekerjaan : Pelayan Restoran
Alamat : Cireundeu Indah II , Tangerang.
Keluhan : Benjolan Di Leher
Pengguna : QnC Jelly Gamat

Saya Mempunyai benjolan di sekitar leher dan sudah lumayan gede trus saya bingung harus bagaimana cara mengatasinya.Terus saya mencoba memeriksakan diri ke kedokter, kata dokter jalan terbaiknya harus operasi. Jujur saya Takut Dioperasi ( ngeri ).

Akhirnya saya nyari-nyari obat herbal di Internet untuk pengobatan alternatif karena saya tidak mau melakukan operasi secara medis. Setalah browsing – browsing akhirnya saya menemukan qnc jelly gamat. Tidak berpikir panjang saya langsung memesan qnc jelly gamat.

Setelah saya memakai jelly gamat secara teratur 3 x 2 sendok setalah makan dan di oleskan 2 x sehari. Penyakit benjolan di leher yang saya alami mulai mengecil meskipun baru habis 3 botol , saya sangat senang karena obatnya cocok dan juga qnc jelly gamat ini mempunyai rasanya enak dan wangi tidak pahit seperti kebanyakan obat. Untuk hasil maksimal saya teruskan minum qnc jelly gamat. Terimakasih qnc jelly gamat.

*Sekian dari informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi anda*

~INFORMASI PEMBELIAN PRODUK QNC JELLY GAMAT~

Post by : Pengertian Tiroid Benjolan Di Leher, Penyebab dan Gejala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*